Jumat, 12 Juli 2013

bahasa indonesia

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Dalam kehidupan modern saat ini, penguasaan bahasa tulis bagi seseorang mutlak diperlukan. Namun, dalam kenyataan pembelajaran menulis di sekolah kurang begitu mendapatkan perhatian yang memadai. Akibatnya, keterampilan menulis siswa kurang memadai.

Ada beberapa penyebab kekurangberhasilan pembelajaran menulis di Sekolah Dasar. Salah satu penyebabnya ialah penyampaian materi yang masih menggunakan pendekatan tidak terpadu. Keempat keterampilan berbahasa (keterampilan menulis, membaca, menyimak, dan berbicara) ini berdiri sendiri-sendiri, bahkan dianggap sebagai ilmu tersendiri.

Realisasi pembelajaran menulis secara terpadu terikat dua hal, yaitu (1) keseluruhan proses pembelajaran berorientasi pada kebermaknaan dan (2) pembelajaran berorientasi pada pembelajar. Pembelajaran dijadikan fokus utama sebagai pelaku pembelajaran.

Pemikiran mengenai peningkatan kemampuan menulis siswa dengan pendekatan pembelajaran terpadu dalam pembelajaran bahasa Indonesia perlu dilakukan penelitian. Dengan demikian, peneliti akan mencoba untuk menerapkan pendekatan pembelajaran terpadu untuk pembelajaran menulis dalam bidang bahasa Indonesia pada siswa di SD kelas tinggi.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka rumusan masalah yang dapat dikemukakan dalam tulisan ini adalah:
  1. Apakah penggunaan (penerapan) pendekatan pembelajaran terpadu dapat meningkatkan kemampuan menulis dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa SD kelas tinggi? 
  2. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia siswa SD kelas tinggi dapat berjalan efektif sehingga kemampuan menulisnya meningkat?
  3. Seberapa besar peningkatan kemampuan menulis siswa setelah diterapkan pendekatan terpadu dalam pembelajaran bahasa Indonesia? 
C. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini dibedakan menjadi tujuan umum dan tujuan khusus. Adapun tujuan penelitian umum dan khusus adalah sebagai berikut.

1. Tujuan Umum:
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa SD kelas tinggi melalui penerapan pendekatan pembelajaran terpadu.

2. Tujuan Khusus:
Tujuan penelitian khusus ini adalah untuk:
  • Mengetahui peningkatan kemampuan menulis dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui penerapan pendekatan pembelajaran terpadu pada siswa SD kelas tinggi.
  • Mengetahui pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia secara efektif melalui penerapan pendekatan pembelajaran terpadu dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa SD kelas tinggi.
  • Mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan menulis siswa SD kelas tinggi setelah diterapkan pendekatan terpadu dalam pembelajaran bahasa Indonesia
D. Manfaat Penelitian

1. Manfaat Teoretis:
Secara teoretis penelitian ini dapat dijadikan acuan pendapat untuk memperkuat teori yang sudah ada. Misalnya teori tentang pendekatan terpadu dalam pembelajaran menulis.

2. Manfaat Praktis:
Secara praktis hasil penelitian tindakan kelas ini akan bermanfaat untuk siswa, guru, dan lembaga pendidikan yang terkait.

a. Bagi Siswa:
  • Tumbuhnya dorongan yang kuat pada diri siswa dalam proses pembelajaran menulis.
  • Meningkatnya kemampuan siswa baik aspek kognitif maupun afektif
  • Dapat menerapkan kegiatan membaca dengan efektif dan efisien.
  • Dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis.
  • Meningkatnya keaktifan siswa dalam belajar khususnya dalam bidang menulis.
b. Bagi Guru:
  • Diperolehnya strategi pembelajaran yang tepat untuk materi bahasan menulis dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
  • Menambah keluasan dan kedalaman konsep menulis bagi guru bahasa Indonesia.
  • Menambah pemahaman tentang pelaksanaan penelitian tindakan kelas sehingga para guru dapat meningkatkan pembelajaran untuk memecahkan segala permasalahan yang ada.
  • Membantu memperlancar proses pelaksanaan pembelajaran menulis dengan pendekatan pembelajaran terpadu.
  • Mendorong guru untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas yang lain untuk memperbaiki kinerjanya.
c. Bagi Lembaga Pendidikan yang terkait:
  • Tumbuhnya motivasi pengajar/guru dalam mengembangkan proses pembelajaran yang bermutu.
  • Sebagai masukan untuk melaksanakan perbaikan kebijakan dalam proses belajar mengajar.
  • Sebagai dokumen untuk pembinaan guru ke depan dalam memperbaiki proses belajar-mengajar umumnya dan pembelajaran menulis pada khususnya.
  • Tumbuhnya iklim pembelajaran siswa yang aktif di SD.
  • Meningkatnya kemampuan menulis siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar